RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu
Mata Pelajaran : Bina
Persepsi Bunyi Irama
Kelas : IV (empat)
Semester : 2 (genap)
Alokasi waktu : 4
x pertemuan @ 35 menit
Standar Kompetensi : 2. Membedakan
bunyi di sekitar yang pernah dideteksi dengan
menggunakanalat bantu mendengar (ABM) atau tanpa Alat Bantu Mendengar (ABM),
sebatas sisa pendengaran anak
- Kompetensi Dasar
2.1 Membedakan 2 macam sumber bunyi
atau lebih yang berbeda timbrenya yang diperdengarkan secara langsung dengan
kekerasan 90dB atau lebih.
- Indikator
1.
Membunyikan sumber bunyi
2.
Menirukan bunyi dari sumber
bunyi yang dihasilkan
3.
Menuliskan bunyi dari sumber
bunyi yang dihasilkan
4.
Membedakan arah
datangnya sumber bunyi
- Tujuan pembelajaran
- Melalui demonstrasi langsung siswa dapat membunyikan sumber bunyi
- Melalui kegiatan persepsi siswa dapat menirukan bunyi dari sumber bunyi yang dihasilkan
- Melalui pengamatan langsung siswa dapat menuliskan bunyi dari sumber bunyi yang dihasilkan
- Melalui kegiatan persepsi siswa dapat membedakan arah datangnya sumber bunyi
- Materi
1. Arah
bunyi dari 2 macam sumber bunyi atau lebih.
(terlampir)
- Metode pembelajaran
1.
Tanya
jawab
2.
Demonstrasi
- Media dan sumber
Media:
1.
Gong
2.
Peluit
3.
Kurikulum SDLB
Tunarungu (2007)
- Langkah pembelajaran
- Pembuka (5 menit)
a.
Menyapa
siswa dengan memberi salam
b.
Menanyakan
kabar siswa
c.
Mengajak
siswa berdoa bersama
d.
Guru menyiapkan lembar
pengamatan
e.
Guru menyiapkan
alat-alat yang akan digunakan
2.Inti
(25 menit)
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
a.
Guru mengajak siswa
duduk rapi mengeliling gong dan peluit
b.
Guru menjelaskan
bentuk dan bunyi gong dan peluit
c.
Guru memukul gong
dengan kekerasan kurang lebih 90 dB dan mengamati reaksi siswa
d.
Guru
menyuruh siswa membunyikan gong dan peluit
e.
Guru menjelaskan “ini bunyi gong” dan ‘ ini bunyi peluit”
f.
Guru menanggapi
reaksi siswa jika siswa mempersepsi
“oh kamu tau ,oh itu bunyi gong. itu
bunyi peluit”
g.
Guru membunyikan
bunyi dilakukan berulang-ulang.
h.
Guru
menunjukkan tulisan bunyi dari peluit dan gong
i.
Guru
menyuruh anak mencatat tulisan yang sudah ditunjukkan guru
j.
Guru
memukul gong di depan, lalu di belakang, lalu samping kiri, lalu samping
kanan siswa
k. Guru memberi tulisan penjelas kepada siswa mengenai
konsep arah
l.
Guru memberikan aturan,
yaitu jika kamu mempersepsi
bunyi tunjukkan arah sumber itu dengan menunjuk datangnya bunyi
itu.
m. Guru menutup mata anak
n. Guru
memukul gong dibelakang siswa.
o. Guru
mengamati reaksi dan gerak siswa dan memberikan reward kepada siswa yang
melakukan sesuai petunjuk.
p. Guru
membunyikan peluit di depan siswa
q. Guru
mengamati reaksi dan gerak siswa dan memberikan reward kepada siswa yang
melakukan sesuai petunjuk.
r.
Guru membunyikan gong
dari arah samping kanan anak
s. Guru
mengamati reaksi dan gerak siswa dan memberikan reward kepada siswa yang
melakukan sesuai petunjuk.
t.
Guru membunyikan gong
dari arah samping kiri anak
u. Guru
mengamati reaksi dan gerak siswa dan memberikan reward kepada siswa yang
melakukan sesuai petunjuk.
|
a.
Siswa
duduk rapi mengelilingi gong dan peluit
b.
Siswa
mengamati penjelasan guru
c.
Siswa
mengamati penjelasan guru
d.
Siswa
membunyikan gong dan peluit
e.
Siswa
menirukan bunyi peluit priiiiiit
dan bunyi gooooong pada gong
f.
Siswa
mengangguk-angguk
g.
Siswa
mengamati kegiatan yang dilakukan guru
h.
Siswa
mengamati tulisan bunyi yang dihasilkan sumber bunyi
i.
Siswa
menulis bunyi-bunyi yang dihasilkan dari sumber bunyi
j.
Siswa
mengamati penjelasan guru
k.
Siswa
mencatat konsep arah yang di berikan guru
l.
Siswa
mengerti instruksi yang diperintahkan
m.
Anak
berdiri dengan mata ditutup dengan kain
n.
Siswa menunjuk datangnya
bunyi dari arah belakang
o.
Siswa
mendapatkan reward
p.
Siswa menunjuk dengan
tangan datangnya bunyi dari arah depan
q.
Siswa
mendapatkan reward
r.
Siswa menunjuk
datangnya bunyi dari arah samping kanan
s.
Anak
mendapatkan reward
t.
Siswa menunjuk
datangnya bunyi dari arah kiri anak
u.
Siawa
mendapatkan reward dari guru
|
3.
Penutup (5 menit)
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan perbedaan bunyi gong dan peluit
b. Guru menutup kegiatan pembelajaran
- Penilaian
1. Tes lisan
Tes dilakukan dengan cara memberi pertanyaan siswa langsung
berupa Tanya-jawab pada siswa saat pembelajaran
2. Tes tulis
Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan anak
dalam menyerap dan menangkap materi selama pembelajaran berlangsung, berupa
soal-soal yang harus dijawab siswa.
3.
Penilaian proses
Dilakukan selama pembelajaran berlangsung, melalui
pengamatan penilaian sejauh mana kemampuan siswa dalam menyimak selama
pembelajaran.
4.
Pekerjaan rumah
Diperoleh dari pemberian soal-soal yang diberikan pada
siswa yang dikerjakan dirumah
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDLB Guru
Kelas IV
Kepung-Kediri
Pertanyaan:
A. Berilah
tanda “X” pada jawaban yang benar!
1.
Manakah
alat musik yang bersuara “ gooongg gooonggg”
Yang dibunyikan dibelakang Rina?
a.
gitar
b.
angklung
c.
seruling
d.
gong
2.
Peluit di
bunyikan dari depan. Suara peluit?
a.
Priiiiiiiiiiittttt c. goooooooooong
b.
Teretetereeeeett d. bung bung
3.
Gong di bunyikan
disamping tino. Suara Gong?
a. Priiiiiiiiiiittttt c.
goooooooooong
b. Teretetereeeeett d.
bung bung
4.
“goooong”! dari
arah mana bunyi tersebut?
a.
depan
b.
Samping Kiri
c.
Belakang
d.
Samping kanan
5.
“goooong”
adalah suara
Gong dari mana arah suara tersebut?
a. depan c.
belakang
b. kiri d. kanan
B. Jawablah
Pertanyaan dengan benar!
1.
Suara Gong adalah……..
2.
Suara peluit
adalah……….
3.
Sebutkan alat musik ini……..
4.
Sebutkan alat
musik ini…….
C.
Jodohkanlah gambar di sebelah kiri dengan jawaban yang
kamu anggap paling benar di sebelah kanan dengan memberi tanda panah !!
No
|
Gambar
|
Suara
|
1
|
|
Prriiitt prriiitt
|
2
|
|
Gooongg
goongg
|
Pertemuan
|
Bunyi gong
|
Bunyi peluit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Peralatan
|
Tugas Kelompok
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Arah Bunyi dari Dua Macam Sumber Bunyi
atau Lebih)
Tugas ini disusun untuk memenuhi nilai tugas pada mata
kuliah Bina Persepsi Bunyi dan Irama (BPBI) yang dibimbing oleh Dra.
Endang Purbaningrum, M.Kes
Disusun
Oleh :
Fibri Widhiasari (071
044
002)
Khofidlotur
Rofiah (071
044
006)
Fitri Apriliani (071 044
009)
Feby Kurniawan H (071
044
013)
PENDIDIKAN LUAR
BIASA
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
SURABAYA
2010
SDLB-B
KELAS IV
|
||||
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
MENGENAL KONSEP ARAH
(Atas-Bawah, Kiri-Kanan)
yang kelas VI nya ada g mas/mba... tolong donk... sudah pusing nyarinya dari kemaren.... saya ngajar di SDLB...
BalasHapusYg SMA nya ada ga?
BalasHapus